Selasa, 23 November 2010

tentang internet

tentang internet

Internet adalah sebuah teknologi yang penting dan dibutuhkan untuk mengakses segala informasi berharga dari berbagai belahan dunia. Saat ini, internet dipandang sebagai jaringan komputer terbesar di dunia. Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari jaringan-jaringan komputer, baik skala besar maupun kecil, yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi dan meliputi seluruh dunia. Jadi secara singkat, internet adalah hubungan antar komputer dan jaringan komputer yang saling berjauhan untuk berbagi data dan informasi satu sama lainnya.
Semua orang boleh menggunakan internet, bahkan perlu mengetahui dan menggunakan internet untuk mengakses berbagai informasi. Seorang pelajar dapat menggunakanya untuk belajar dan mencari bahan pelajaran yang dibutuhkan di internet. Masyarakat umum juga dapat menggunakannya untuk baca koran, mencari barang-barang yang dipromosikan atau mempromosikan barang-barang hasil produksinya. Juga internet dapat digunakan untuk mencari lowongan kerja atau mengiformasikan lowongan pekerjaan kepada orang lain. Masyarakat juga menggunakan internet untuk berkomunikasi satu sama lain.
Untuk dapat mengakses internet, segala jenis komputer dapat digunakan seperti MAC, Personal Computer, Note Book, PalmTop, PDA, Mini Computer, dan lain-lain. Semua sistim operasi juga dapat digunakan, misalnya Unix, BDS, Linux, OS2, SUN atau Macos. Bahkan sekarang internet dapat pula diakses melalui telepon seluler atau hand phone. Saat ini, sistem operasi yang terpopuler digunakan adalah Windows.
Secara teknis, spesifikasi komputer yang digunakan minimum CPU dengan procesor 486, RAM 16 MB, Hardisk 1 GB, dan modem 28,8 Kbps yang dilengkapi dengan kartu VGA resolusi tinggi untuk menghasilkan tampilan layar yang baik di monitor. Perangkat yang lebih baik dan lengkap akan banyak membantu pengguna internet, terutama untuk kecepatan proses akses. Prosesor kelas Pentium generasi terbaru (PIV), RAM di atas 64 MB, chipset teknologi teakhir, monitor layar lebar, multi-media, dan modem 56 Kbps serta didukung kompresi VGA 90 atau lebih tinggi, merupakan pilihan terbaik dalam memulai menjelajah internet. Bagi masyarakat awam, lebih mudah menggunakan internet dengan mengunjungi warung internet terdekat.
Maraknya internet memberikan keuntungan luar biasa kepada pelajar, dengan hadirnya situs-situs yang menyajikan bahan pelajaran, juga menyediakan forum bagi anak-anak yang bersifat informatif dan interaktif. Namun sayangnya, hampir semua situs-situs pendidikan berkualitas tinggi itu tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga agak sulit diakses oleh seseorang yang tanpa kemampuan bahasa yang baik. Di sini dibutuhkan peran orang tua untuk mendampingi dan menjelaskan materi pelajaran yang ada, tapi mereka juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Internet juga memberikan keuntungan bagi pebisnis sebagai media promosi barang-barang dan jasa hasil produksinya. Keuntungan lainnya, setiap orang dapat membaca koran, majalah, buletin, dan lain-lain tanpa harus membeli koran atau majalahnya.
Akan tetapi, tidak dipungkiri bahwa penggunaan internet dapat memberikan dampak merugikan, terutama dengan banyaknya situs-situs tidak bermoral di internet seperti situs pornografi, kekerasan, penganiayaan dan pembunuhan, dan lain-lain. Hal ini dapat berakibat buruk bagi anak-anak dan pelajar. Untuk mengatasinya, di setiap penyedia jasa internet maupun akses internet pribadi di rumah-rumah, disarankan untuk menggunakan sistem operasi multi user, seperti Linux, yang dapat diatur akses masing-masing pengguna komputer. Dengan demikian, dapat disesuaikan hak akses bagi masing-masing pemakai sesuai umur dan kondisinya. Untuk anak-anak tidak diberikan akses ke situs-situs berbahaya, dan bagi orang dewasa dapat saja diberikan tapi tidak disarankan. Stategi lainnya, terutama bagi yang menggunakan sistem operasi windows, dapat diterapkan penggunaan software khusus untuk me-blokir langsung situs-situs negatif semacam itu.
Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari internet, dan oleh karena itu dianjurkan bagi setiap orang untuk berlatih menggunakan internet dengan efisien dan efektif. Segala dampak negatif internet dapat diatasi dengan berbagai cara, dan untuk itu kita juga perlu belajar bagaimana cara terbaik mengantisipasinya. Demikian tulisan ini sebagai sumbang saran bagi semuanya, semoga generasi Indonesia masa depan tidak semakin jauh tertinggal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar